Friday, October 17, 2008

Bauhaus

Bauhaus dalam bahasa inggris berarti ” House of Building ” atau ” Building of School “, yang artinya bangunan rumah atau bangunan sekolah, yang berdiri di Jerman, yang dimana untuk membantu perkembangan dunia desain dengan menggabungkan antara seni crafting dengan seni murni. Di bangun pada tahun 1919 kemudian di tutup pada tahun 1933. Sekolah Bauhaus ini dibangun oleh seorang berkebangsaan Jerman di Weimar, bernama Walter Gropius. Kemudian gaya Bauhaus ini banyak mempengaruhi beberapa perkembangan arsitektur modern dan dunia desain modern. Yang kemudian berkembang dalam seni, arsitektur, desain grafis, desain interior, industri desain, dan tipografi.

Bauhaus mulai dengan defenisi dari bahasa Utopia yang berarti “bangunan masa depan ” atau The building of the future ” yang bertujuan untuk menyatukan semua seni dalam satu kesatuan yang ideal. Yang kemudian muncul satu artis seni, Walter Groupies yang kemudian mengajarkan sebuah tehnik baru dalam mengajarkan mengenai seni yaitu segala bentuk seni bias didapatkan melalui pekerjaan tangan ( manual ), yang kemudian yang sebelumnya banguna Bauhaus adalah sebuah sekolah kemudian secara bertahap berubah menjadi sebuah tempat untuk mengadakan workshop.

Sekolah ini berdiri di tiga kota dalam negara Jerman, diantaranya adalah di Weimar dari 1919 - 1925, di Dessau dari tahun 1925 - 1932, di Berlin dari tahun 1932 - 1933 ) dibawah penanganan tiga direktor-arsitek, Gropius dari tahun 1919-1927, Hannes Meyer dari tahun 1927 - 1930, dan Ludwig Mies van der Rohe dari tahun 1930 - 1933, ini adalah tahun terakhir dimana kemudian sekolah ini ditutup pada masa Rezim Nazi di Jerman.

Tokoh

Tokoh

Gropius

Walter Gropius

Walter Adolph Georg Gropius adalah seorang arsitek Jerman dan pendiri Bauhaus. Bersama dengan Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier ia dianggap sebagai satu dari pioneer ahli arsitektur modern.

Pada tahun 1919 ia diangkat sebagai kepala dari Grand-Ducal Saxon School of Arts and Crafts. Sekolah inilah yang diubahnya menjadi Bauhaus yang terkenal di seluruh dunia.

Pada tahun 1923 dengan dibantu oleh Gareth Steele, Gropius mendesain handel pintu yang sekarang dijadikan sebagai icon desain abad 20, dan dianggap sebagai salah satu desain yang paling berpengaruh dalam aliran Bauhaus.

Gropius meninggal tahun 1969 di Boston Massachusetts, pada umur 86. Hinga sekarang ia dikenang bukan hanya dari berbagai bangunan yang dia bangun tapi juga dari distrik Gropiusstadt di Berlin.

Berikut karya-karya Gropius:

Door handle (1923) Monument of the March Dead (1920) Gropius House in Lincoln (1938)

Wassily Kandinsky

Wassily Kandinsky merupakan salah satu guru besar di Bauhaus yang mulai terjun dalam sekolah Bauhaus dari tahun 1923 - 1933. Wassily Kandinsky mengajarkan mengenai teori warna dan bentuk yang lebih mengarah ke gaya abstract. Kandinsky mempunyai target dalam pengajaranny, yaitu bagaimana murid mengerti apa itu abstrak, apa tujuan sebuah garis, bentuk dan warna di buat. Warna yang lebih sering diajarkan adalah berupa warna primer seperti biru, kuning, dan merah. dan bentuk yang diajarkan juga seperti bentuk primer persegi, segitiga, dan lingkaran dengan beberapa pengembangan.

Kandinsky sering menyebut apa yang diajarkannya sebagai “Analytical Drawing” dan “Primary Artistic Design”

berikut adalah beberapa karya dari Kandinsky



KRONOLOGIS ( 1919 - 1933 )

1919

Walter Groupies ditetapkan sebagai pemimpin yang pertama di Grand Ducal School of Fine Arts of Saxony di Weimar. Pada dasarnya sekolah ini menggabungkan dengan sekolah Art and Craft, yang di mana ditutup pada tahun 1915 dan dibuka kembali dengan pergantian nama menjadi Staatliches Bauhaus Weimar ( State Bauhaus Weimar ). Sekolah ini secara resmi ditemukan pada tanggal 1 April. Untuk program pertama Gropius mendalilkan programnya dengan tema mengambil suasana kesedihan selama perang dunia.

Meskipun masih dalam pengejaran sebuah impian, Program Gropius secara langsung mengarah pada keseluruhan kebenaran dan komitmen. Pada tahun yang sama, Gropius mencalonkan tiga artis besar Bauhaus : Pelukis; Lyonel Feininger, pemahat; Gerhard Marcks, dan seorang pelukis sekaligus guru seni; Johannes Itten. Pada dasarnya, empat pakar pada awalnya dalam melakukan tugasnya dijalankan dengan sistem bergilir. Pertama sekali, pembayan biaya perkuliahan dilakukan di ruang kelas dengan guru, untuk semester satu akan diajarkan kursus keahlian tangan diantaranya dengan menggunakan bahan emas, perak dan perunggu, dan juga melukis. Untuk tambahan, bagi perorangan juga tersedia kelas arsitektur bagi yang ingin belajar seni arsitek yang dimana ditutup pada tahun 1927.

1920

Pada bulan oktober, kembali mencalonkan Georg Muche sebagai guru. Selama menjalani setelah setahun, ruang kerja akhirnya selesai juga dibentuk : satu untuk seni pahat kayu dan batu, dan satu lagi untuk seni dekorasi ( wall painting ). Pada bulan Mei, dibentuk kembali ruang kerja untuk seni tembikar yang dibentuk di Dornburg / Saale.

Feininger mengambil bagian dalam ruang kerja seni lukis, Marcks untuk seni tembikar, untuk dapat berjalan dengan lancar maka semuanya itu dipimpin dan dilaksanakan dalam pengawasan Itten dan Muche. Untuk ujian semester diberikan oleh Itten.

Untuk pertama kalinya Bauhaus di Weimar mendapat permusuhan. Untuk perlawanan bersifat ideology, namun memanas pada masalah pengaruh artistic. Konflik itu dibawa keluar selama pertemuan politik, pada wartawan dan berbagai macam publikasi, dan pada akhirnya di Landtag of Thuringia. Pusat dari keuangan sekolah berlandaskan pada subsidi dari pemerintah, namun dengan konflik seperti ini dan dengan pergantian kepala daerah atau gubernur, ini dapat mengancam posisi Bauhaus yang akan membawa pada kehancuran dari Bauhaus.

1921

Pada awal tahun, Paul Klee dan Oskar dicalonkan menjadi guru, Lothar Schreyer mengambil pada tingkat departemen yang baru. Pada bulan Maret, pergantian posisi untuk organisasi pengajaran pada ruang kerja. Gropius mendapat tanggung jawab untuk membentuk kembali cabinet baru. Schlemmer mengepalai seni pahat batu, Muche mengambil bagian menjahit, dan Klee bidang penulisan buku.

Gropius dan Adolf Meyer membangun Haus Sommerfeld di Berlin dalam gaya ekspresionis.

Pada musim panas, Itten pergi ke kongres Mazdaznandi Leipzig. Muche dan Itten menyebarkan doktrin tentang inspirasi bergaya timur dan mendapatkan kesuksesan dalam mempengaruhi orang banyak, untuk menanggulangi berbagai masalah yang menimpa sekolah Bauhaus.

Theo Van Doesburg, salah satu anggota artis seni Belanda dalam kelompok ‘De stijl’ di Weimar juga, yang berjlaan tanpa ada halangan dari April 1921 sampai November 1922. Murid Bauhaus menhadiri pengajarannya dan kursusnya, yang dimana dia mengkritik tingkah laku kaum ekspresionis dan kursus kerajinan di sekolah mereka. Dia menyebarkan pandangannyapada konsep baru tentang desain konstruksionis, yang lebih mengarah pada teknologi. Van Doseburg memilki perbedaan pandangan dengan Bauhaus.

1922

Pada awal tahun, Gropius merekonstruksi ulang pemikirannya mengenai target atau sasaran seperti yang sebelumunya telah menjadi tujuan dari Bauhaus. Focus terbesarnya adalah langsung kepada menangkal metode industry dalam berproduksi dan akibatnya pada desain. Pada musim panas, konflik memanas dengan Itten, mantan kepala dari Bauhaus, yang dimana ia menolak ide baru itu.

Pembukaan pameran pertama oleh Journeymen dan diresmikan dibuka pada bulan April; pada bulan Juli, presentasi pada sebuah pameran arsitektur oleh Groopius dan Adolf Meyer. Komunitas Bauhaus akhirnya pun terbentuk. Vassily Kandinsky dicalonkan pada ruang kerja bagian dekorasi ( wall - painting ).

Pada bulan September, Theo Van Doesburg mengadakan kongres Dadaist dan konstruksionis di Weimar. Yang menjadi partisipan yaitu Kurt Schwitters, Hans Arp, Hans Richter, and the later Bauhaus master László Moholy-Nagy. Pada bulan yang sama, untuk acara perdana dari Schlemmer ” Triadic Ballet ” yang bertempat di Stuttgart.

1923

Pada Bulan Februari, Museum untuk seni dan kerajinan tangan membuka pameran yang memamerkan karya Itten dan dari berbagai macam karya tangan dari sekolah Bauhaus. Pada bulan Maret, Itten keluar dari Wiar. Dan Ia digantikan oleh artis seni konstruksionis László Moholy-Nagy, yang kemudian mengepalai ruang kerja seni logam dan kursus untuk persiapan masuk untuk selanjutnya.

Membuat persipan untuk ” pameran Bauhaus “, yang direncanakn akan diadakn pada bulan Agustus dan September sebagai bentuk aktivitas atau kegiatan yang komphrehensif kepada public. Dipertunjukkan dalam bentuk hasil karya dari ruang kerja dan kelas - kelas, dan seni murni dari guru Bauhaus, pameran karya arsitektur internasional. Bangunan rumah “Am Horn” di Weimar adalah projek independen dari sekolah. Pada bulan Agustus, “Bauhaus Week” mangambil tempat pada pertunjukan panggung, konser, dan ceramah.

Gropius membentuk konsep baru dengan slogan ” seni dan teknologi - kesatuan yang baru”.

Sejak musim dingin, termasuk kursus persiapan awal, pada semester pertama, pelajaran mengenai tekstur dengan Josef Albers, pada semester kedua “Ruang dan bahan” dengan Moholy-Nagy, kelas analisa dan kelas desain “warna” dengan Kandinsky dan teori desain “bentuk” dengan Klee.

1924

Pemilihan untuk hasil Thuringia Landtag pada mayarakat kelas menengah. Pada September, sebagai tindakan pencegahan, pemerintahan yang baru menarik kembali kontrak dengan para guru Bauhaus pada bulan April 1925. Pada November, hanya minoritas dari KPD (Communist ), SPD (Socialist ), dan DDP ( Democratis ) dalam komite financial yang menyuarakan persetujuan untuk dana subsidi.

Pada 26 Desember, para penegajar semua di Bauhaus mengadakan pertemuan untuk membahas solusi untuk sekolahnya pada tanggal 1 April 1925.

“Circle of Friends of the Bauhaus” dibentuk dengan tujuan meningkatkan moral dan latihan bagi sekolah. Marc Chagall, Albert Einstein, dan Gerhart Hauptmann adalah anggota yang terlibat didalamnya.

1925

Pada permulaan tahun, negosiasi yang bertempat dibeberapa kota dimana membicarakan menegenai kepastian akan kelangsungan sekolah, anatara lain di Frankurt am Main, dan Dessau. Beberapa para pengajar besar menegosiasikan mengenai kegiatan. Murid Bauhaus yang pertama, seperti Wilhelm Wagenfeld, Otto Lindig, dan Erich Dieckmann, mengambil pekerjaan mengajar disalah satu institute dibawah naungan Bauhaus di Weimar, “Weimar State School for Architecture”, dibawah pimpinan Otto Bartning.

Pada Maret, dewan kota Dessau, dibawah inisiatif dari raja Fritz Hesse, memutuskan untuk mengambil alih Bauhaus sebagai sekolah Negara. Kelas - kelas mulai di Dessau untuk awal bulan April. Dengan pengecualian dari Marcks, semua pengajar harus mengikuti aturan sekolah ke Dessau. Beberapa pengajar dan murid, bagaimanapun juga adalah di luar kategori pasti, dan harus menunggu sampai bulan musim panas untuk dating ke Dessau.

Gropius memberitahukan program baru yang di dominasi oleh pentingnya industry dan sains bagi dunia desain. Dia mengumumkan bahwa target Bauhaus adalah untuk mendapatkan “Development of modern Housing” “from the simplest household appliance to the complete dwelling”. Gropius menyebutnya “systematic experimentation, both in theory and practice - in formal, technical, and economic fields”. Dia menjelaskan kalau ruang kerja itu adalah “Laboratorium” untuk memproduksi barang produksi Industri dalam bentuk prototype (tiruan/dummy). Di bulan Juni, pertama sekali “Bauhausbücher” ( buku Bauhaus ) diterbitkan oleh Gropius, Moholy-Nagy, Klee, Kandinsky, dan Mondrian.

Pada Bulan November, Bauhaus Co. Ltd. Dibentuk dan ditemukan untuk menjual produknya.

1926

Pada bulan Oktober, sekolah diberikan kuasa oleh pemerintah setempat, dan para pengajar diberkan gelar Profesor. Karena itu, Bauhaus pada akhirnya dapat membentuk ” School of Design”. Dan sekarang murid bias diberikan kemudahan untuk mendapat gelar Bauhaus Diploma.

Pada 4 Desember, lebih dari 1000 tamu menghadiri pembukaan sekolah baru di Dessau yang didesain oleh Gropius dan dilengkapi dengan hasil karya Bauhaus terdahulu. Bangunan di Dessau yang kita kenal sebagai Bauhaus masih tetap menjadi konsep dari seni arsitektur Bauhaus pada sekarang ini.

Pada pembukaan, berita utama pada majalah ” Bauhaus ” disebarkan; itu muncul tiap kwartal sampai 1929 dan keluar lagi pada 1931.

1927

Pada April, Departemen Arsitektur telah dipersiapkan dibawah pengawasan Hannes Meyer. Klee dan Kandinsky memberikan pengajaran dalam bentuk melukis bebas; ini adalah seni artistik murni yang pertama sekali diajarkan di Bauhaus.

Selama pengajaran setelah setahun, murid - murid menjadi lebih dan lebih lagi bersifat polikal. Pada bulan Juli, Muche meninggalkan Bauhaus dan digantikan oleh Gunta Stölzl pada salah satu ruang kerja.

1928

Gropius berhenti dari Bauhaus dan pada bulan April pergi ke Berlin untuk bekerja sebagai Arsitek. Moholy-Nagy, Bayer, dan Breuer juga keluar dari sekolah.

Atas saran dari Gropius, Hannes Meyer dicalonkan untuk menggantikan posisinya. Meyer menyarankan pendekatan lebih dalam bekerja dan di kelas. Dia menyadari bahwa kreativitas untuk menjadikan proses objektif, yang dimana gagasan itu didasari oleh persepsi rasional yang masuk akal. Dan Meyer mengkritik pendahulu yang bekerja di Bauhaus, menurutnya itu lebih terlalu bersifat formalis.

Pameran keliling “Young painters at the Bauhaus” dibuka di Halle, sebelum menuju ke Braunschweig, Erfurt, dan Krefeld.

Terhitung di Bauhaus terdapat 166 murid; the Circle of Friends memiliki 460 anggota.

1929

Pada April dan Mei, Museum kesenian dan kerajinan di Basle menunjukkan “bauhaus itinerant show”, yang kemudian di presentasikan di Breslau., Mannheim, dan Zurich. Pertunjukan pameran adalah tampak luar dari pekerjaan Bauhaus yang berada dalam pengawasan Hannes Meyer.

Pada bulan Mei, Federal School of trade Unions merayakan kemjuannya itu.

Pada bulan Juli, ruang kerja untuk seni logam, pembuatan cabinet, dan dekoratif dijadikan satu yang diatur oleh Alfred Arndt.

Departemen untuk fotografi dibentuk dalam pengawasan Peterhans; Arsitek dan perenacan tata kota Ludwig Hilberseimer dicalonkan untuk menemapti departemen pembangunan Schlemmer meninggal Dessau pada bulan November.

1930

Pada awal tahun, gamabr Bauhaus di tempatkan di pasar - pasar dan menjadi yang produk yang paling berhasil di sekolah.

Pada musim semi, Negara bagian Jerman mengadakan pameran “Société des artistes décorateurs français” di Paris yang di desain oleh Gropius, Bayer, Breuer, dan Moholy-Nagy.

Pemikiran politik pada murid - murid terus berkembang, menunjukkan sikap komunisnya, kepala sekolah, Hannes Meyer dipecat oleh dewan kota Dessau. Menurut rekomendasi oleh Gropius, Arsitek Ludwig Mies van der Rohe pada bulan April dicalonkan sebagai kepala sekolah, dan dia menerima tawaran tersebut.


1931

Pada Bulan April, Klee meninggalkan Bauhaus untuk sebuah persetujuan ke akademis di Düsseldorf, Gunta Stölzl keluar pada bulan Oktober.

Pada November, pemilihan untuk dewan kota Dessau mengambil tempat; NSDAP adalah kelompok terkuat. Hal pertama yang menjadi perhatian mereka adalah memberhentikan dukungan financial untuk Bauhaus dan pembongkaran bangunan tersebut.

1932

Pada awal tahun, arsitektur desain interior bernama Lilly Reich dicalonkan.

Pada 22 Agustus, pengumuman yang diberikan oleh NSDAP di dewan kota untuk menutup Bauhaus pada 1 Oktober telah disetujui dengan suara terbanyak dari KPD dan Raja
Hesse. Dan kelompok SPD yang mendukung kelangsungan sekolah, abstain dari pemilihan suara.

Mies van der Rohe memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya seperti privat di Berlin.

Pada semester di musim dingin, terhitung ada 14 murid. Kandinsky, Albers, Hilberseimer, Reich, dan Peterhans masih menjadi sebagai staff pengajar sampai saat itu.

1933

Pada 11 April, pada awal semester musim panas, Bauhaus menjadi dalam pengawasan serta pencarian polisi dan berada dalam segel. 32 murid ditangkap.

Pada 20 Juli, solusi terakhir Bauhaus adalah memutuskan pada konferensi para pengurus.

Surat dari Secret State Police, tertanggal 21 Juli, pembukaan kembali disetujui dalam beberapa kondisi : Kandinsky dan Hilberseimer diminta untuk menghapus jabatan mereka sebagai pengajar “standing on the soil of National Socialist ideology” dan kurikulum baru harus memenuhi “claim of the new state to its inner structure”.

Para pengajar yang paling berperan penting beremigrasi keluar selama beberapa tahun, diantaranya, Josef Albers (1933/USA), Vassily Kandinsky (1933/France), Paul Klee (1933/Switzerland), Walter Gropius (1934/Great Britain, 1937/USA), László Moholy-Nagy (1934/Netherlands, 1935/Great Britain, 1937/USA), Marcel Breuer (1935/Great Britain, 1937/USA), Ludwig Mies van der Rohe (1937/USA), Herbert Bayer (1938/USA), Walter Peterhans (1938/USA).

4. Futurism (1909-1915)

Futurism berkembang di Italia pada waktu yang bersamaan seperti Kubism berkembang di Perancis. Futurism adalah gerakan pertama yang mencoba lepas dari semua aspek kehidupan masa lampau. Kesenian pada masa ini memuja era mesin, kehidupan modern dan peperangan. Aliran Futurism merupakan sesuatu yang kontras dan menyegarkan dibanding Romanticism. Para Futurist juga menyukai kecepatan, kebisingan, polusi, dan perkotaan.

Dipelopori oleh Filippo Tommaso Marinetti (1876-1944), seorang sastrawan yang mendapat inspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi modern berkat teknologi mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan sebagai unsur yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di masa itu. Pada tahun 1909, Filippo Marinetti mempublikasikan sebuah manifesto “The Founding and Manifesto of Futurism” pada surat kabar Le Figaro tanggal 20 February 1909. Manifesto tersebut tidak hanya merayakan dinamisme era mesin tetapi juga menelantarkan masa lampau: “We will destroy the museums, libraries, academies of every kind…” Hal itu dikemukakannya secara berapi-api dengan maksud memicu emosi masyarakat. Ia menyadari betul kekuatan media massa yang dimilikinya sebagai editor dan penerbit.

Karena kekayaan keluarga dan sosoknya sebagai penyair dan penerbit yang menarik perhatian itulah, Filippo Marinetti berhasil membuat konsep Futurism ciptaannya meluas.

Manifesto dari Filippo Marinetti menuai banyak pendukung di Itali, termasuk sejumlah pelukis di Milan yang akhirnya membentuk kelompok Futurist utama. Anggota-anggotanya, antara lain: Giacomo Balla, Umberto Boccioni, Carlo Carra, Luigi Russolo (penemu “the art of noise”, mengacu pada suara-suara mesin dan kebisingan), dan Gino Severini. Pada tahun 1910, mereka mempublikasikan 2 manifesto lukisan futurist:Technical Manifesto of Futurist PaintingdanThe Manifesto of the Futurist Painters”. Futurism dalam seni rupa (sesuai dengan manifesto tersebut) adalah bagaimana menangkap unsur gerak (proses dan pergerakan) dan kecepatan ke dalam lukisan, menangkap dari yang mereka namakan “force line” dari suatu objek.

Para Futurist juga mempelajari prinsip aneka-tampak (multiviewpoint), yaitu memecah gambar menjadi fragmen-fragmen tumpang tindih (dari aliran kubisme) dan warna-warna cerah menjadi beberapa bagian (dari aliran neo-impressionism).

Futurism juga merupakan aliran seni yang mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresi desain (huruf tidak hanya sebagai tanda bunyi tetapi juga sebagai lambang untuk menyampaikan suatu makna). Banyak penyair futurism yang memanfaatkan tipografi sebagai bagian ungkapan perasaannya dalam berpuisi.

Pada tahun 1915 (saat memasuki masa Perang Dunia I) aliran Futurism mulai pudar, namun gerakan tersebut telah memberi inspirasi bagi gerakan-gerakan seni modern lainnya seperti Russian Constructivism, Dadaism, Surrealism, dll.

Hasil-hasil karya Futurism:

Nude Descending a Staircase no. 2 Unique forms of continuity in space  Morning in the Village after Snowstorm  Cats (rayist percep.[tion] in rose, black, and yellow) Dynamism of a Dancer by Gino Severini

3 comments:

Anonymous said...

nice review.

Rahadian P. Paramita said...

Bagus, serius dengan referensi. Kalau bisa, tampilkan sumbernya, biar bisa dilacak yang baca.

Edcvs said...

Enter your comment...iya noh sumbernya loh yg sebenernya di cari, malah gak ada